Jumat, 03 Agustus 2018

Guru nge-Blog

Soal usia (lamanya) ngeblog bukanlah menjadi ukuran kematangan seseorang dalam dunia blogging, termasuk guru. Saya sendiri melakukan aktivitas ini sejak Agustus 2006. Melihat dinamika dan kecepatan perkembangan dunia blog, serta kehebatan-kehebatan rekan guru yang belakangan aktif ngeblog menjadikan saya serasa kecil.
Meskipun pertengahan 2006 itu adalah bukan awal dari lahirnya jagad per-blog-an, tapi saat itu untuk blog seorang guru belum begitu banyak, belum banyak guru yang memanfaatkan blog untuk wadah menulis secara on-line. Sama juga, saya saat itu justru hadir di tengah hinggar bingarnya dunia blog kalangan anak muda yang kreatif, meskipun kekreatifan mereka belum bisa menulari saya. Tanpa rasa malu dan sungkan saya selalu bertanya kepada mereka ketika ada hal yang tidak saya mengerti terkait teknologi informasi (TI). Yang jelas saya banyak belajar dari mereka melalui tulisan-tulisan mereka di blog.
Di bulan-bulan pertama saya ngeblog adalah masa pencarian jati diri terkait apa yang bisa saya tuangkan dalam blog. Sampai suatu ketika saya mendapatkan celah yang belum banyak orang menulis (untuk yang dalam bahasa Indonesia) yaitu terkait pembelajaran kimia dikaitkan dengan TIK. Selain itu saya juga sedang belajar menggunakan beberapa aplikasi komputer. Dari situ akhirnya secuil pengalaman pun saya jadikan bahan tulisan. Meskipun demikian tidak asal menulis, saya harus lebih dulu mencari dengan mesin pencari apakah tulisan yang akan saya buat sudah pernah ada yang menulis atau belum. Kalaupun sudah ada yang pernah menulis, masih ada peluang untuk dipelajari kemudian bisa diambil sisi lain yang belum tercakup dalam tulisan serupa itu. Ini kebiasaan saya.

0 komentar: